PAHAMI DAN BERHENTI MEMAKI KURIR SAAT BELANJA ONLINE!

26-05-2021 19:50:48

(Sumber gambar: Twitter)

Jakarta – Beberapa waktu ini warganet dihebohkan oleh tindakan para pelanggan yang melakukan belanja online di beberapa e-commerce dengan metode COD atau cash on delivery.

Metode seperti ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga barang atau item yang dibeli dapat dikirim dan sampai

ke alamat tujuan kemudian pelanggan dapat membayar secara tunai kepada kurir sebagai mitra.


Namun, terdapat video yang beredar luar di media sosial yang memperlihatkan aksi pelanggan yang kurang bijak dalam melakukan transaksi. Diunggah oleh pemilik channel Youtube

bernama Putranda7 dengan judul “Ibu Ibu Marah Ke Kurir” dengan durasi kurang lebih 4 menit memperlihatkan respon seorang Ibu yang

memaki dan mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya dapat disampaikan kepada seorang pengantar barang atau kurir. (16/05/21)


Hal serupa terjadi kembali selang beberapa kejadian ini hangat menjadi perbincangan di masyarakat khususnya adalah warganet. Akun bernama Mas Adam (@ndagels) turut mengunggah video

memperlihatkan aksi ketidakpahaman masyarakat dalam melakukan transaksi COD. “Dan terjadi lagi orang goblok yang ga tahu prosedur sistem COD berulah” tulis nya pada hari Rabu (19/05/21).


Perlindungan konsumen seyogyanya dengan benar dipahami oleh para pelaku kegiatan ini. Apabila tidak dengan bijak dipahami maka akan semakin banyak aksi-aksi seperti ini yang justru

berdampak bagi siapa saja untuk terjerat pelanggaran hukum seperti pelanggaran hukum tentang pencemaran nama baik maupun

tindakan pelanggaran hukum perdata dan ataupun pidana nya selain daripada bukan tindakan yang baik dan positif. (FH)


Source:

https://www.merdeka.com/trending/memaki-dan-mengancam-kurir-cod-ternyata-ini-sosok-asli-emak-emak-dalam-video.html

https://www.youtube.com/watch?v=44q_rZ1jL2k

https://hot.liputan6.com/read/4562087/viral-pria-ancam-kurir-minta-uang-kembali-saat-transaksi-cod-ini-tuai-sorotan

Bingung? Yuk tanya!