Mengenal Bank Digital

29-04-2021 12:33:05

Jakarta - Pembahasan digital banking kini tengah melanda Indonesia terutama bagai para pelaku bisinis tersebut. Lantas, apa itu digital banking? Dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum, digital banking adalah layanan perbankan elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah, dengan memperhatikan aspek pengamanan. “Beberapa bank memang telah mentransformasikan dirinya dari pelayanan tradisional ke pelayanan digital” kata Heru Kristiyana selaku Ketua Eksekutif Pengawasan perbankan OJK dalam wawancara siaran langsung oleh CNBC Indonesia (08/04/2021).

Di Indonesia, bank digital hadir melalui dua pola. Pertama, lembaga perbankan konvensional menempuh jalur transformasi model bisnis. Kedua, bank melakukan aksi korporasi lewat akuisisi. PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO) atau dengan nama beken Bank Jago merupakan salah satu bank yang menempuh pola kedua. Bank ini terbentuk setelah mantan Direktur Utama BTPN Jerry Ng dan pendiri Northstar Group Patrick Walujo mengakuisisi 51% saham ARTO.

Dilansir oleh Bisnis.com menyebutkan dalam waktu dekat akan diluncurkannya layanan bank digital oleh PT. Bank Central Asia Tbk. Presiden Direktur BCA yaitu Jahja Setiaatmadja mengungkapkan peresmian Bank Digital BCA sebelum Juni 2021. “Kita menunggu BCA Digital akan diresmikan sebelum Juni.” katanya dalam paparan kinerja kuartal I/2021, Kamis (23/04/2021). Dengan adanya beberapa bank yang sudah dan akan melakukan transformasi dari kegiatan layanan konvensional ke digital, nantinya regulasi yang tepat segara disahkan oleh OJK bersama jajaran kepentingan terkait agar nasabah dan masyarakat dapat memanfaatkan penerapan teknologi di bidang layanan perbankan di Indonesia. (fh)

Penulis : Fajar Hermawan

Source: https://asumsi.co/post/mengenal-digital-banking-dan-keuntungannya-untuk-nasabah https://finansial.bisnis.com/read/20210423/90/1385260/sabar-bank-digital-bcameluncur-sebelum-juni-ini-bocoran-fiturnya

Bingung? Yuk tanya!