MENEROBOS, PASPAMPRES TENDANG PEMOTOR

01-03-2021 10:28:42

(Sumber gambar: prfmnews.id)

Jakarta – Sebuah video beredar luas di media sosial yang memperlihatkan oleh rombongan pengendara sepeda motor gede atau yang disebut moge menerobos area VVIP Istana Kepresidenan di jalan Veteran III, Jakarta Pusat pada Minggu, 21 Februari 2021 dalam kegiatan sunday morning ride (sunmori) yang viral dan berbuntut panjang dikarenakan dalam video tersebut terdapat aksi yang tidak seharusnya dilakukan oleh Paspampres saat melakukan penjagaan kawasan tersebut.

Video terebut diunggah di akun Instagram: @bodatnation yang dibanjiri kolom komentar oleh para warganet. Dilansir melalui kanal Youtube milik Tribun Jateng menjelaskan bahwa memang benar tindakan tersebut dengan melihat seragam yang dikenakan merupakan anggota Paspampres yang sedang bertugas. Asisten Intelijen Paspampres, Letkol Inf Wisnu Herlambang akan melakukan pengecekan kembali dan mengakui perbuatan menendang pengendara tidak diperkenankan seharusnya cukup dengan menghentikan kendaraan kemudian dapat menyerahkan pengendara ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut. Pengendara juga tidak boleh beradu kecepatan serta membuat kebisingan suara yang di ditimbulkan oleh knalpot sepeda motor.

Perlu diketahui bahwa jalan tersebut merupakan kawasan Ring 1, yang bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden. Menurut peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 14 Tahun 2016 tenteng Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kementerian Sekretaris Negara pada Bab II dijelaskan bahwa objek yang diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dibantu oleh Bagian Ketertiban dan Keamanan Dalam (Tibkamdal). Cakupan area meliputi halaman kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Merdeka, Istana Negara, Gedung Kantor Presiden, Gedung Kantor Staf Presiden, Wisma Negara, Gedung Kantor Sekretaris Presiden, Istana Wakil Presiden dan Gedung Kantor Sekretariat Wakil Presiden.

Dilansir media berita daring Bisnis melalui portal halamannya, memberikan informasi bahwa salah satu anggota pengendara akan melakukan klarifikasi. Hal itu diunggah pada akun Instagram pribadi @sahdilah yang menuliskan akan mengajukan permintaan permohonan maaf di hadapan media nasional pada Senin, 1 Maret 2021.

Oleh: Fajar Hermawan

Sumber : https://kabar24.bisnis.com/read/20210228/15/1361915/ditendang-paspampres-sangpengendara-moge-mau-klarifikasi-senin-besok

Bingung? Yuk tanya!